BEROBAT DENGAN SEDEKAH dan SUNNAH BEROBAT DENGAN LIUR DAN TANAH


Berkata Abu Bakar Al-Khabbazi rahimahullah:

Aku sakit dengan sakit yang berbahaya lalu aku terlihat oleh tetanggaku yang shaleh lalu ia berkata kepadaku: gunakanlah sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

داووا مرضاكم بالصدقة

"Ubatilah pesakit kamu dengan sedekah (berderma)".

Lalu aku membeli sebuah semangka yang besar, dan berkumpul sekelompok dari orang-orang fakir dan anak-anak lalu mereka makan dan mengangkat tangan-tangan mereka kepada Allah dan berdoa kesembuhan untukku. Maka demi Allah tidaklah aku di pagi hari melainkan aku dalam segala sehat afiat. 

📘(As-Siyar (18/44))


💧 SUNNAH YANG DITINGGALKAN DAN TERLUPAKAN

Yaitu berubat dengan liur dan tanah, berdasarkan hadits Aisyah radhiyallahu an'ha bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam apabila ingin meruqyah orang sakit beliau membasahi jari tangannya dengan liurnya kemudian membenamkannya didalam tanah kemudian mengusap orang sakit tersebut dengan jari tangannya kemudian membaca:

" بِسْمِ اللهِ تربَةُ أَرْضِنَا، بِرِيقةِ بَعْضِنَا، يُشْفَى سَقِيمُنَا، بإِذْنِ رَبِّنَا ".

"Dengan nama Allah, ini adalah debu tanah kami, dengan liur sebagian kami sembuhlah orang sakit kami dengan izin Rabb kami" (Muttafaqun alaihi)

Berkata Ibnu Hajar rahimahullah : Berkata Ibnul Qoyyim rahimahullah : Tata cara ini orang yang mengingkarinya tidak dapat mengambil manfaat dengannya, tidak pula orang yang menghinanya atau orang yang melakukan dengan mencoba-coba tanpa meyakini.  

📗[Fathul bari (10/205)]
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post